Manfaat Mengikuti Organisasi Saat Kuliah - Menurut Pengalaman Pribadi

Halo temen - temen! Akhirnya aku bisa post blog lagi nih! Kali ini aku mau cerita soal manfaat mengikuti organisasi di perkuliahan. Ini menurut pengalaman pribadi aku ya yang sekarang juga belum wisuda alias masih jadi mahasiswa. 

Yuk langsung kita simak!

1. Melatih time management


Karena aku waktu itu aku join 2 organisasi internal dan 'punya jabatan' juga nih. Jadi belajar banget cara mengatur waktu. Gimana caranya supaya tetap bisa aktif di keduanya tanpa mengesampingkan salah satu dan tetap ngejar akademik juga. Karena kebiasaan gini, aku jadi bisa menyelesaikan tugas jauh lebih awal dari deadline dan tetap produktif. 


2. Jadi lebih percaya diri 

Biasanya kalau organisasi kan ada program kerja, nah disitu pasti bakalan dibutuhin MC, moderator atau baca doa. Nah dengan menjadi salah satu dari itu, bisa melatih percaya diri kita buat ngomong di depan banyak orang. Awalnya coba - coba, pakai teks. Eh lama lama jadi ketagihan loh dan bisa nyerocos panjang lebar!


3. Nambah temen

Nah selain ikut organisasi internal, aku juga ikut eksternal. Karena ikut organisasi ini, kita jadi berkesempatan buat nambah temen dan relasi. Mulai dari seangkatan, kakak tingkat sampai adik tingkat. Nah apa sih keuntungannya? Selain memperbanyak silaturahmi, ini juga mempermudah kita di akademik. Kalau kakak tingkatnya baik, kita bisa tanya - tanya soal mata kuliah yang sulit, materi atau bahkan sampai dibantu nugas!


4. Ketemu orang penting

Ini bonus sih hehehe. Kalau ada acara dari organisasi nya atau perwakilan jadi peserta, kita jadi bisa punya kesempatan ke backstage. Atau kalau jadi peserta undangan bisa ketemu dan ngomong. Karena ikut pers mahasiswa aku ketemu sama Didi Kempot, terus waktu dateng ke Kongres Sampah Jawa Tengah bisa ketemu Pak Ganjar Pranowo.

Mungkin itu dari aku, kalau menurut kalian apa sih manfaat dari mengikuti organisasi saat kuliah? Yuk sharing!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Mall World di Facebook

story telling (indonesian's and european's folklore: human security issue)

Review Buku : Other Half of Me - Elsa Puspita