Pertama Kali Ngerasain 8° C - Madinah Part 1

Masih pantes nggak sih disebut diary? Soalnya dibikinnya telat hehe ... Tapi rasanya masih pingin cerita, buat kenang - kenangan. Siapa tahu beberapa tahun lagi atau suatu saat yang enggak aku tahu rasanya kangen dan pingin baca. 



MY UMROH DIARY 

Jadinya, tanggal 16 Februari aku berangkat dari Semarang dan sampai Jakarta waktu makan siang. Kita makan siang dulu baru solat. Setelah itu dari Jakarta kita berangkat sore, transit di Doha dan sampai di Madinah itu sebelum subuh tanggal 17 Februari. Kita sampai di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz dan karena itu pertama kali aku keluar negeri, baru tau gimana proses imigrasi. Lama banget, ngantri. Padahal petugasnya orang banyak. Ditambah banyak orang yang badannya gede - gede bikin kalau ngantri gampang banget didesak mengingat badan orang Indonesia yang kebanyakan lebih kecil.

Hamad International Airport

Karena sampai hotel sehabis subuh, kita solat subuh di hotel dan sarapan dulu terus mandi. Habis itu barulah kita solat dhuha di Masjid Nabawi. Pertama kali ngelihat Masjid Nabawi? SubhanaAllah! Bagusss banget. Masjidnya luas, arsitekturnya bagus dan bersih banget. Tapi sayang, nggak boleh bawa kamera digital. Dan disini itu dingin banget. Pertamanya suhunya 12° C dan itu sudah dingin menurut aku. Masuk masjid, solat dhuha sampai solat jumat. Karena emang program umroh yang aku ikutin ini promo DUA JUM'AT.




Hari pertama ini free program (nggak ada program dari biro) jadinya habis solat jum'at langsung makan siang dan jalan - jalan keliling. Sebenarnya, disepanjang jalan menuju hotel itu penuh dengan orang jualan. Jadinya kalau pulang dari hotel itu kita bisa sambil belanja atau lihat - lihat aja. Di depan masjid Nabawi itu dari pintu masuk aku ( Pintu 25) ada kayak mall, apotik, toko buku, cokelat dan kalau penggemar starbucks pasti seneng soalnya ada tokonya wkwk.


Setelah itu, aku balik lagi ke masjid untuk solat asar. Karena jarak hotel ke masjid dekat banget, aku pulang dan sempet nyesel. Mending nunggu aja di masjid soalnya jarak solatnya bentar. Habis itu, malamnya aku solat magrib lanjut isya. Pertama kali malam disana, dingin, tangan kering semua. Bahkan sebelum solat isya karena takut kebelet pipis, haus, enggak minum walaupun banyak dispenser di masjid. Dan, jari dibagian kuku malah berdarah sedikit. Kekeringan.

Pas keluar masjid, ngecek HP. Aktifin lokasi, ngecek suhu. TERNYATA DELAPAN DERAJAT CELCIUS. Ya Allah pantes dingin banget. Makannya hari itu aku langsung pulang ke hotel nggak jalan - jalan lagi. Oh ya, kateringnya ini makan malam jadwalnya habis solat isya. Bikin gendut >.<


Paginya, ada kegiatan biro nih! Ke Al - Rawdah! Al Rawdah ini adalah Taman Surga! Karena Rasulullah pernah berkata

"diantara rumahku dan mimbarku adalah taman surga" 

Nah, tempat inilah Rawdah atau Raudhah. Tempat ini adalah tempat mustajab untuk berdoa. Jangan lupa nih, disini solat menghormati masjid dulu 2 rakaat. Masuk Rawdah ini harus ngikutin jadwal kalau cewek. Jadi aku serombongan kesini sebelum dzuhur. Masuknya ngantri, dan banyak polisi wanitanya. Masuk Rawdah yang juga berarti ke makam Rasulullah ini kita bakalan melihat Masjid Nabawi yang asli. Disana ramai banget. Solatnya desak - desakan. Tapi Alhamdulillah aku bisa nggak di dempet - dempet. Memang misah sama Mama dan Adik aku, dan disini, aku nangis. Gimana enggak nangis kalau sudah ngunjungin taman surga yang ada didunia? Sujud dan solat disini? Berdoa segalanya disini?

Habis itu, solat dzuhur dan makan siang dihotel. Dibilangin kalau habis asar ada manasik buat besok. Eee malah kecapekan dan tepar di kamar hotel. Yang ikut manasik cuman Ayah. Alhasil, tepar deh di kamar hotel.



awkward pose




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Mall World di Facebook

story telling (indonesian's and european's folklore: human security issue)

Review Buku : Other Half of Me - Elsa Puspita