Jadi, gimana rasanya PKL 1 perawat? (Part 1)

Selamat tahun baru 2020 buku harian online ku yang lama dianggurkan.

nurse moodboard unyu ambil dari google wkwk


Setelah ke - hectic an 2019 yang nggak berani aku tulis disini, akhirnya aku punya nyali wkwk. Keinginan setiap tahun ku pasti "survive" dari apapun yang terjadi. Menurutku hal terberat yang aku alami di tahun 2019 adalah PKL alias Praktek Kerja Lapangan. Tapi bukan di lapangan ijo gitu juga sih haha melainkan di Rumah Sakit.

PKL November - Desember (3 minggu) itu merupakan PKL pertamaku selama kuliah. PKL pertama sebagai mahasiswa keperawatan yang masih merasa dirinya tidak pantas ada di tempat itu. Jujur aja, semester 3 itu aku was - was banget. Apalagi sebulan sebelum PKL, aku tahu aku dapat rumah sakit mana, aku langsung cari info tentang itu rumah sakit.

Sampailah pada hari pembekalan, alias hari Jumat, tiga hari sebelum PKL. Aku keringat dingin waktu tahu tugasnya kayak apa (ini lebay banget sih, tapi aku kaget aja gitu loh, walau katanya kalau bidan lebih banyak ya laporannya?) Terus kayak nggak bisa menerima kenyataan "besok aku bakalan ngerawat pasien secara langsung dan nyata gaes" ...

Jadi hari Jumat itu aku menghabiskan waktu sampai siang di burjo sambil makan orak arik ayam sama temenku dan sambat soal apa yang terjadi waktu PKL. Hari Sabtu kuhabiskan packing buat pindahan ke kos deket RS. Lalu Minggu aku pindah kos setelah menikmati bebek goreng terakhir bulan itu (yah jadi kepingin bebek)

 Hari Senin pun tiba. Hari pertama PKL, kami ikut apel bersama pukul 07.00 WIB di lapangan rumah sakit. Kemudian kami dikumpulkan bersama di ruangan diklat untuk pembekalan, pembagian kelompok, tour rumah sakit lalu ... LANJUT NGE SHIFT.

SHIFT PERTAMA.

Satu ruang 3 orang. Aku, satu teman laki - laki dan satu teman perempuan.

Kami kenalan sama CI (Clinical Instructor) dulu gaes, pembimbing di Rumah Sakit gitu, terus tugas pertamaku adalah ... bantuin perawat aff kateter (aff: ngelepas) ealah, aku kaget banget. Tapi ya biasa aja sih kan bantuin aja.

Terus habis itu kami lanjut melakukan segala kegiatan dengan bimbingan praktikan profesi tercinta yang sabar menghadapi segala ke - kepo an kita tentang segala tindakan gaesssss. Luv bangetttt. Sempet makan siang juga pakai nasi, ayam goreng, bayem sama sambel. Tak lupa es teh. Pokoknya hari itu aku masih biasa aja ya gaes.

Sampai aku pulang ke kos, mandi, istirahat dan kaki ku kram :") ini nggak lebay, beneran kram, maklum jarang olah raga terus tiba tiba ngerasain shift jalan terus gitu.

Nah, lanjut besok lagi ya gaes, udah malem, mau ngaskep dulu :)))


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Mall World di Facebook

story telling (indonesian's and european's folklore: human security issue)

Review Buku : Other Half of Me - Elsa Puspita