Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Mendaftar Organisasi Atau UKM (TIPS WAWANCARA ORGANISASI ATAU UKM)

Banyak banget aku baca pertanyaan soal pertanyaan yang sering ditanyakan saat mendaftar atau wawancara organisasi. Nah di post kali ini aku mau bahas soal itu.  Ini berdasarkan pengalaman yang selama hampir tiga tahun aku gabung di UKM kampus aku dan volunteer ya. Yuk langsung simak!

1. Apa motivasi kamu ikut UKM ini?

Kalian bisa jawab dengan hal - hal baik apa yang menjadi alasan kalian ikut UKM ini. Nah kalau aku dulu jawabnya. "Karena aku ingin melanjutkan dan mengembangkan apa yang aku lakukan dari dulu. Yaitu menulis dan public speaking." 

2. Kenapa kalian mau ambil divisi ...? 

Kalau menurut aku sebelum kalian daftar UKM, kan biasanya ada UKM show atau penjelasan gitu ya dari UKM nya soal divisi - divisi yang ada. Nah kalian cari tau dulu soal itu. Jadi nanti udah ada bayangan kenapa kalian mau ambil divisi itu dan apa yang kalian mau lakukan disana. Contohnya dulu aku jawab. "Redaksi online karena aku orangnya fast respon dan dapat berkomunikasi dengan baik sebagai yang mengaktifkan media sosial." 

3. Apakah kalian mengikuti organisasi lain? 

Disini jawab jujur aja organisasi kalian. Biasanya setelah itu bakalan ditanya mana yang akan kalian prioritaskan? Dalam skala berapa? Nah dulu aku jawab kalau sebisa mungkin bakalan aku prioritasin  dua - duanya. Tapiii, kuliah tetap nomer satu. Karena tugas aku sebagai mahasiswa ya kuliah. 

4. Kontribusi apa yang akan kalian berikan untuk UKM?

Kalau kalian udah punya ide dan tau soal proker UKM tersebut bisa banget disampaikan saat ini. Kalau belum kalian bisa jujur aja. Bisa jawab kalau kalian saat ini belum ada inovasi, tapi yang pasti akan melanjutkan proker yang sudah ada dan memberikan ide dan tenaga saya untuk UKM.

5. Kelebihan dan kekurangan kalian?

Ini sering banget ditanyain. Jawab yang berkaitan dengan organisasi ya. Kalau bisa pas nyebutin kelebihan kalian branding diri kalian sebagus mungkin!

6. Kenapa kita harus menerima kamu?

Ini sering banget dan biasanya suruh jadi closing statement. Kalau disini menurutku tergantung selera pewawancara. 

Nah itu aja tips dari aku kali ini! Pokoknya kalian harus cari tahu dulu soal apa yang mau kalian ikutin ya, jadi tau bakalan ngapain aja dan punya tujuan disana. Disini aku nggak ngambil dari wawancara 1 UKM aja ya. Tapi dari 2 UKM aku, 1 volunteer dan 1 organisasi. Aku juga denger pertanyaan dari temenku yang BEM sama DPM. Secepatnya bakalan aku kasih tips - tips lainnya soal perkuliahan. 

See you soon!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Mall World di Facebook

story telling (indonesian's and european's folklore: human security issue)

Review Buku : Other Half of Me - Elsa Puspita