Pengalaman Pertama OSCE

Aku kaget banget kalau di keperawatan itu ada OSCE!!! Entah itu OSCE atau OSCA laah gimana bacanya. Kukira cuman di kedokteran aja kan yak. Jadi pas dikasih tau aku kayak shock gitu. Apalagi NGT. Materi OSCE aku yang pertama itu pemasangan kateter, pemasangan NGT, wound care sama pemasangan oksigen. 

Pertama aku dapet oksigen nih. Maju pertama banget. Deg deg an sih pasti ngelakuinnya. Terus aku langsung lakuin aja sesuai tool nya. Tapi FIX auto gagal kayaknya cuman bisa doa. Kenapa dosennya hanya diam saja? Aku baca - baca sih di internet kalau dosennya diem aja cuman bisa doa wkakaka. 

Terus kedua aku masuk pemasangan kateter. Nah, orang sebelumku, temenku sendiri nangis pas keluar. Aku langsung auto gemeter kan yak. Terus akhirnya masuk wound care dulu aja. Nah, pas di wound care ini aku masuk dengan PD nya. Buka luka, terus kan sebelahku juga ada orang. Tau - tau aku denger "saya pasang dulu ya bu perlaknya" kaget banget ternyata aku belum masang perlak!!! Dan di nampan aku itu enggak ada perlak. Mana pas nutup lukanya kurang rapi. Terus dosennya kan baik ya, menanyai dengan senyuman "apa kesalahnnya?". Intinya kalau ada yang belum lengkap jangan menyalahkan yang piket. Ya aku menyadari sih itu kesalahanku soalnya nggak ngecek. 

Terus aku masuk pemasangan kateter nih. Awalnya sih emang nggak ada kesalahan. Tapi, karena aku takut salah sampai pelan pelan banget ngelakuin semua.. Ya akhirnya di komen lah didalem kalau masangnya masih kelamaan dan kurang gercep lah intinya.


Terus karena dosen NGT nggak bisa, jadi di reschedule deh! Bener - bener pengalaman yang nggak bakal dilupain. Ada yang nangis, bingung sama ketawa aja pas keluar ruangan wkakakak 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Mall World di Facebook

story telling (indonesian's and european's folklore: human security issue)

Review Buku : Other Half of Me - Elsa Puspita